Rabu, 10 Juli 2013

Indahnya Pantai Gedong Caruban, Lasem



Pantai yang satu ini agaknya akan menyaingi pamor Pantai Kartini di Rembang, terletak di Desa Gedongmulyo dukuh Caruban kecamatan Lasem Kabupaten Rembang terletak kurang lebih 11 km ke arah timur dari pusat kota Rembang. Arah masuk kepantai, jika anda memasuki wilayah kecamatan Lasem ditandai dengan pemandangan gunung Lasem dan areal pertambakan Garam rakyat yang pertama akan anda lewati adalah desa Gedongmulyo yang lebih tepatnya lagi adalah dukuh Caruban lorong masuk ke arah pantai  ini kiri jalan persis 150 m sebelum terminal Lasem, atau jika anda msih bingung jika sampai di sekitar terminal Lasem tanya saja ke warga semua pasti tau. Setelah anda masuk lorong dukuh caruban lurus saja sekitar 400 m nanti akan ada papan petunjuk ke arah pantai.
Pantai Gedong ini sebenarnya sudah dianggap sebagai pantai tempat bersantai sejak belasan tahun yang lalu namun mendadak tenar setelah di selenggarakannya event voly pantai tingkat nasional di tempat ini tahun 2012 yang lalu. Saya masih ingat betul saat masih SMP jika sekolah pulang pagi atau saat liburan sering bermain bersama teman-teman di tempat ini yang saat itu akses menuju pantai ini masih sangat sulit bahkan kami harus berjalan kaki melewati pematang tambak yang penuh dengan semak belukar. Lambat laun keindahan pantai berpasir indah dengan background Gunung Lasem ini tersebar dari mulut ke mulut hingga mennjadi objek wisata baru kabupaten Rembang. Saya sedikit berbincang dengan salah satu warga caruban tentang pantai ini ia menuturkan bahwa pantai ini memang sangat indah dan pengunjung dari waktu kewaktu semakin bertambah sehingga sempat dilirik pemkab untuk mengelolanya namun warga menolak dengan alasan takut pemkab tidak mampu mengurus sepeti pantai kartini sebelum di kelola swasta sekarang kemudian swasta juga menawarkan diri untuk mengelola pantai ini dan berjanji untuk memperkerjakan warga sekitar wargapun menolak karena takut setelah dikelola swasta mereka (nelayan) yang akan pergi melaut atau yang ingin pulang ke caruban dengan melewati pantai gedong ini bakal dipersulit karena pasti akan di buat pagar keliling jadi kases mereka terganggu. Ahirnya warga berinisiatif untuk mengelola sendiri pantai ini hingga sekarang.
Pantai Gedong dg pemandangan Gn.Lasem
Menurut penuturan beliau pantai ini bisa semakin ramai saat hari libur dan saat sore hari ada yang datang dari luar kabupaten seperti Pati, Kudus, Blora, Purwodadi dsb mereka biasanya akan berfoto saat matahari tenggelan dengan sangat indahnya di pantai ini. Hanya dengan membayar Rp.2000 untuk sepeda motor dan Rp.4000 untuk roda empat anda bisa sepuasnya menikmati keindahan pantai gedong sambil minum es degan. Walaupun demikian fasilitas di pantai ini masih sangat minim ya boleh dibilang seadanya.

2 komentar:

  1. "Pantai tempat bersantai" Hahai aku suka kalimat itu bang. Iya ya bang, rada ironis juga c. Entah kenapa kalau udah dipegang pemerintah, terkadang malah jadi lesu. Pd hal kalau mau di pikirkan....harusnya bs lbh mju ya. Ternyata swasta lebih banyak ide. Lah posisinya kok bagus banget bang, pantai tapi langsung ada view gunungnya!!!!! Oh, suwun bang komennya di laman kampus. Ternyata ikut ngomen jg, hehe.Sukses juga buat bang Agung, dan mari lanjutkan!!!!!!!!

    BalasHapus
  2. Main2lah ke Lasem bang ntr tak tunjukin sebanyak mungkin tmpt2 yg bagus & menginspirasi...hehe Yap pantai kdng jadi tempat melepas penat skaligus mengagumi karya sang pencipta kehidupan. awalnya g sengaja bang cz dh lama g buka situs Unnes eh btapa kagetnya aku foto yg g asing nongol d situ,,,eh lha dala bang Nukha to...hehe keren gaya bahasanya jg sangat bagus rapi mudah d pahami... Sip!! Lanjutken pkoe bang!!

    BalasHapus